Sabtu, 23 Februari 2013

Do the Teachers need to Research their Own Teaching ?


Reply to my lecturer, Professor Marsigit, post at his blog, powermathematics.blogspot.com about an article about "Do the Teachers need to Research their Own Teaching", I want to post my comment in my blog.

"Saya sependapat dengan gagasan dalam artikel ini, bahwa guru harus melakukan penelitian mengenai pembelajarannya. Melalui 8 tahapan tindakan yang telah dipaparkan seperti: mengindentifikasi dan menganalisis masalah, menyusun strategi memecahkan masalah, menerapkan dan menguji strategi, mengevaluasi keefektifan strategi, memastikan hasil penelitian, menyimpulkan hasil penelitian, mengulangi siklus, dan melaporkan temuan; diharapkan kegiatan belajar-mengajar akan menjadi lebih baik dan efektif. Guru dapat secara aktif meningkatkan kualitas praktek mengajar, berdasarkan penelitian, pengalaman, dan pengamatan, kemudian merefleksikan pengalaman itu kepada peserta didiknya.
Sebenarnya penelitian bukan hanya bermanfaat bagi guru tersebut dan peserta didiknya saja. Dengan tahap kedelapan mengenai melaporkan hasil penemuan, penelitian guru tersebut dapat bermanfaat bagi guru lain untuk meningkatkan hasil kerjanya. Apabila guru di Indonesia dapat bersikap open-minded, senantiasa berubah kearah yang lebih baik & diikuti peningkatan kualitas peserta didik, maka Indonesia akan menjadi lebih baik.
Artikel ini semakin mengingatkan saya kelak jika saya menjadi seorang guru, kewajiban saya untuk memajukan pendidikan di Indonesia, dimulai dari diri saya sendiri."

0 komentar:

Posting Komentar